Rabu, 10 Desember 2008

Definisi Kurikulum


a. Hilda Taba: Kurikulum adalah sebuah rancangan pembelajaran, yang disusun dengan mempertimbangkan berbagai hal mengenai proses pembelajaran serta perkembangan individu
Daniel Tanner & Laurel Tanner : Pengalaman pembelajaran yang terencana dan terarah, yang disusun melalui proses rekonstruksi pengetahuan dan pengalaman yang sistematis di bawah pengawasan lembaga pendidikan agar pembelajar dapat terus memiliki minat untuk belajar sebagai bagian dari kompetensi sosial pribadinya.
Romine : Kurikulum mencakup semua temu permbelajaran, aktivitas dan pengalaman yang diikuti oleh anak didik dengan arahan dari sekolah baik di dalam maupun di luar kelas.
Murray Print. : Kurikum didefinisikan sebagai semua ruang pembelajaran terencana yang diberikan kepada siswa oleh lembaga pendidikan dan pengalaman yang dinikmati oleh siswa saat kurikulum itu terapkan.

b. Kurikulum adalah suatu rancangan pembelajaran yang ditujukan untuk memberikan kompetensi-kompetensi kepada siswa ajar, yang didalamnya menjelaskan berbagai aktivitas, materi, media serta prosedur yang harus ada dan seharunya dilakukan agar tujuan-tujuan komptensi yang ditargetkan bisa tercapai.

a. Saylor : Istilah kurikulum dan instruksi pengajaran saling terkait erat satu sama lain seperti nama Romeo yang tidak akan meninggalkan sebutan Juliet. Tanpa kurikulum atau rencana, tidak akan ada pengajaran yang efektif, dan tanpa adanya pengajaran kurikum tidak akan banyak memberikan makna.
Saylor-Oliva: Kurikulum sebagai sesuatu yang diajarkan, sementara instruksi sebagai sarana untuk mengajarkan sesuatu itu. Secara sederhana, kurikulum berarti “apa” yang diajarkan dan pengajaran/instruksi adalah “bagaimana” mengajarakannya. Kita bisa saja menganggap kurikulum sebagai sebuah program, rancangan, sisi, dan pengalaman pembelajaran, sementara instruksi sebagai metode, tindak implementasi pengajaran dan penyajian.
Pengajaran merupakan bentuk implementasi dari rencana-rencana yang termuat dalam kurikulum. Bila salah satunya lemah, pengajaran tidak akan berjalan dengan baik dan efektif.
Perbedaan: kurikulum adalah rancangan dan dilaksanakan sebagai proses sebelum kegiatan pengajaran dimulai. Sementara, instruksi adalah sesuatu yang dilakukan sebagai wujud implementasi dari apa yang dirancang dalam kurikum dan dilakukan saat kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Persamaan: keduanya merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran, dan memiliki sasaran dan tujuan yang sama untuk menjamin bahwa kegiatan pembelajaran bisa mencapai sasaran yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar