Rabu, 10 Desember 2008

Abstrak-Penerjemahan The Prophet


Semnas_fbsdn@yahoo.com

PENERJEMAHAN MAJAS PERBANDINGAN
DALAM NOVEL THE PROPHET KARYA KAHLIL GIBRAN

Khristianto & Sulasih Nurhayati*
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
PURWOKERTO

Karya sastra dalam bentuk apapun memiliki pilihan-pilihan kata yang tegas, yang diambil bukan secara acak, sebaliknya dipilih dengan berbagai pertimbangan. Kata-kata tersebut diungkapkan untuk mewakili setiap sudut dari konsep yang ingin disampaikan pengarang. Kata membawa rasa dan kepekaan pengarang pada satu fenomena yang menjadi konsep khas yang menyentuh nurani pengarang.
Penerjemah karya sastra dalam menjalankan tugasnya harus bisa memahami maksud dari pencipta karya itu yang diungkapkan melalui karyanya. Pemahaman bisa dicapai dengan memanfaatkan sarana untuk menafsirkan maksud tersebut, yang berupa penanda linguistik, stilistik dan tematik. Jadi penerjemah dalam hal ini bukan menerjemahkan maksud pengarang, melainkan menerjemahkan penafsirannya pada maksud pengarang (Nord: 1997).
Karya prosa terjemahan yang akan disoroti dalam kajian ini adalah “Sang Nabi” (SN) yang dilakukan oleh Sri Kustandyah. Novel terjemahan tersebut merupakan hasil terjemahan novel “The Prophet” (TP) karya Kahlil Gibran. Karya ini banyak menggunakan simbol dan idiom dalam mengungkapkan makna yang ingin disampaikan pengarangnya. Hal ini wajar dilakukan oleh pengarang karena perangkat-perangkat semacam itu memang lazim digunakan untuk semaksimal mungkin membawa konsep yang tersimpan dalam pikirannya. Secara khusus, penelitian ini akan menyoroti penerjemahan majas perbandingan yang terdapat dalam novel yang di-Indonesia-kan oleh Sri Kustandiyah (SK). Dari hasil analisa menunjukkan, penerjemah telah berhasil menuangkan ide inti dari majas perbandingan dalam novel, meskipun ada kesilapan dalam menerjemahkan beberapa unsure fungsi yang cukup punya pengaruh dalam makna. Kesilapan ini tidak menjadikan pembaca Indonesia kehilangan gagasan dan keindahan gaya bahasa yang dieksplorasi oleh Gibran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar